Jumat, 22 Mei 2015

Model Rumah Minimalis Etnik Yang Bernuansa Tradisional Nan Indah

model rumah minimalis etnikSekarang ini sudah banyak masyarakat yang senang dan suka dengan model rumah yang satu ini, yang menjadi favorit ataupun menjadi banayak pilihan keluarga dalam menentukan model rumah yang seperti apa yang digunakan. Model rumah tersebut yaitu model rumah minimalis. Model rumah minimalis merupakan model rumah yang berkonsep sederhana atau simpel namun desain dan bentuk rumahnya yang unik serta modern sehingga akan terlihat lebih mewah nan elegan. Namun jika dilihat dari perkembangan model rumah sekarang ini, banyak pemilik rumah mencoba menggunakan model rumah minimalis etnik yang diambil dari beberapa rumah tradisional yang ada di daerah Indonesia seperti jawa tengah, jawa timur, jawa barat, dan bali. Mengapa banyak dipilih dari masing-masing daerah karena rumah tradisional dari berbagai macam daerah menghasilkan konsep yang sangat etnik serta bentuknya yang unik. Banyak ciri-ciri yang di dapat pada rumah tradisional yang etnik tersebut.

Pada model rumah minimalis etnik harus terdapat ciri-ciri yang melekat pada bagian setiap sudut dan sisi rumah seperti rumah tradisional. Ciri-ciri tersebut yaitu;

1. terdapat atap rumah yang berbentuk joglo atau berbentuk limas yang merupakan ciri khas pada rumah daerah jawa dan bali.
2. Terdapat motif dan ukiran pada jendela, pintu, plafon, pagar, furnitur, dan dinding yang terbuat dari kayu, batu bata, ataupun batu alam.
3. Bahan yang digunakan untuk dinding atau pada dinding biasanya masih terlihat batu bata merah yang asli.
4. Pada atap biasanya terbuat dari bahan kayu jati yang kuat sehingga terkesan kokoh seperti filosofi pada orang jawa.
5. Dalam penggunaan ruangan pada model ruah minimalis etnik, biasanya selalu menyediakan kamar banyak untuk anggota keluarga dan para tamu.
6. Penggunaan cahaya juga sangat eksotik atau bisa terbilang bernuansa romantis dengan cahaya yang agak redup misalnya menggunakan lampu bohlam sebagai media penerangan.
7. Pada lantai biasanya terdapat warna yang kontras seperti papan catur hitam putih atau dengan motif lainnya yang mempunyai seni tinggi.
8. Furnitur yang digunakan seperti meja dan kursi terbuat dari kayu.
9. Pada taman yang ada pada depan dan belakang rumah terdapat pepohonan dan tanaman yang sangat rindang.
10. Pada halaman depan rumah bisanya terdapat gazebo kecil yang unik untuk bersantai dan dikelilingi rerumputan serta jalan setapak dari bebatuan alam.
11. Penggunaan fasilitas seperti elektronik pun tidak terlalu banyak agar nuansa alami seperti di pedesaan masih terasa kental.

Itulah sekilas dari interior dan eksterior pada model rumah minimalis etnik yang ada. Namun anda bisa mendesain dengan selera anda sendiri dan kreatifitas serta jiwa seni anda sendiri sehingga hasilnya pun sangat memuaskan berupa rumah minimalis etnik tradisonal yang eksotik nan modern.